Telah Terbit : Panji Tengkorak; Kebudayaan dalam Perbincangan

Kajian komik Indonesia sepanjang sejarahnya terlalu sedikit, maka sebuah kajian yang mendalam layak dilakukan. Kajian ini membandingkan buku komik Panji Tengkorak yang digubah oleh Hans Jaladara sampai tiga kali, yakni tahun 1968, 1985, dan 1996, yang sebagai kesatuan disebut Tiga Panji Tengkorak.
Maksud dan tujuan kajian atas Tiga Panji Tengkorak adalah mencari tahu dan mengungkapkan bagaimana kebudayaan berlangsung.

Dalam kajian ini dapat diikuti sejumlah perbincangan, mulai dari politik identitas sampai bias gender, sehingga terbongkar bahwa ideologi yang tersandang dalam gambar realisme dan gambar kartun adalah konstruksi realitas. Tarik menarik antara objektivitas dan subjektivitas menjadi pergulatan antarwacana yang memberlangsungkan kebudayaan; yang memang akan selalu terhadirkan sebagai metakebudayaan, yakni kebudayan tentang kebudayaan , karena kebudayaan terhadirkan dalam proses perbincangan.

Ini berarti manusia yang berada di dalam kebudayaan, dalam hubungan dibentuk/membentuk kebudayaan, hanya akan melihat kebudayan sebagai suatu jejak. Tiga Panji Tengkorak adalah jejak-jejak kebudayaan yang dalam pembongkaran telah memperlihatkan berlansungnya kebudayaan.

Judul : Panji Tengkorak, Kebudayaan dalam Perbincangan

Terbit : 19 Agustus 2011

Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Jakarta

(www.penerbitkpg.com)

RALAT pada cetakan pertama:

(1) Di bawah ini adalah bagan yang benar pada halaman  232

(2) Pada halaman 251 paragraf 2 baris 2¬† dari bawah, yang tertulis “rasistis” seharusnya “rasis” – Dengan ini¬† kesalahan cetak dibetulkan.

About these ads

8 Tanggapan

  1. wah mantap ini mas.. Keren. Patut dijadikan koleksi kesusastraan

  2. Ini tema penelitian Doktor SGA. Salut.

  3. kalo boleh tau, udh beredar di pasaran blum, ini buku? salam dan terimakasih.

  4. “Sukab” tidak pernah kering dari ide… btw, ini blog resminya Seno Gumira atau hanya blog yang dikelola oleh para penggemarnya?

    Terima kasih,

    • Sebagaimana bisa Anda baca pada disclaimer di kanan bawah halaman, blog ini dikelola oleh para admin dari mailing list Seno Gumira Ajidarma di Yahoogrops yang telah berdiri sejak tahun 2000.

      Para admin tersebut sudah mendapat ijin langsung dari SGA sebelum membuat blog ini, dan tetap bekerja sama dengan SGA hingga kini dalam rangka mendokumentasikan karya-karya dan berbagi kabar tentangnya di dunia maya.

      Ya, bisa dibilang ini adalah blog “resmi”SGA,

  5. [...] Kajian komik Indonesia sepanjang sejarahnya terlalu sedikit, maka sebuah kajian yang mendalam layak dilakukan. Kajian ini membandingkan buku komik Panji Tengkorak yang digubah oleh Hans Jaladara sampai tiga kali, yakni tahun 1968, 1985, dan 1996, yang sebagai kesatuan disebut Tiga Panji Tengkorak. Maksud dan tujuan kajian atas Tiga Panji Tengkorak adalah mencari tahu dan mengungkapkan bagaimana kebudayaan berlangsung. Dalam kajian ini dapat diiku … Read More [...]

  6. sesuatu yang sangat luar biasa…mudah-mudahan dunia komik indonesia bisa kembali jaya seperti masanya dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 339 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: