Nagabumi I: Jurus Tanpa Bentuk

Nagabumi I: Jurus Tanpa Bentuk

nagabumi1

Penulis: Seno Gumira Ajidarma

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun: 2009

ISBN: 9789792250145

Synopsis:

Pulau Jawa tahun 871. Pendekar tanpa nama yang telah mengundurkan diri dari dunia persilatan sudah 100 tahun umurnya. Pendekar tua itu sudah lupa, siapa saja lawan yang pernah terbunuh olehnya, dan barangkali kini murid atau kerabat lawan-lawannya datang menuntut pembalasan dendam. Bahkan negara menawarkan hadiah besar untuk kematiannya. Pendekar tua itu tahu ajalnya sudah dekat, tetapi ia tidak ingin mati sebelum menuliskan riwayat hidupnya, sebagai cara membongkar rahasia sejarah. Nagabumi, sebuah cerita tempat orang-orang awam menghayati dunia persilatan sebagai dunia dongeng, tentang para pendekar yang telah menjadi terasing dari kehidupan sehari-hari, karena tujuan hidupnya untuk menggapai wibawa naga. Nagabumi adalah drama di antara pendekar-pendekar, pertarungan jurus-jurus maut, yang diwarnai intrik politik kekuasaan, maupun pergulatan pikiran-pikiran besar, dari Nagasena sampai Nagarjuna, dengan selingan kisah asmara mendebarkan, dalam latar kebudayaan dunia abad VIII-IX.

 

 

16 Tanggapan

  1. kmrn baru beli buku ini…dilihat dr catatan kakinya, kayaknya ii bukan cersil sembarangan karena berdasar riset yg dalam…

  2. selalu ngikutin seri ini di harian Suara Merdeka. sangat direkomendasikan untuk koleksi, sebuah pendekatan lain dari dua dunia Seno: cerita silat dan filsafat.

  3. gimana tuh mas yg di harian suara merdeka kok berhenti ya…

  4. Riset mendalam plus imajinasi hasilnya luar biasa, tapi bacanya jadi harus pelan2 hehehehe, terima kasih SGA

  5. sayang beribu sayang tidak ada tokoh bernamaq Sukab di novel itu…. ( teteup…hehehehe)

  6. keren abis tokohnya, yang paling keren nggak pernah kalah….

  7. pengen baca buku ini tapi blm kesampaian, hampir saja beli waktu itu, cuma jadi batal gara2 kebanyakan pertimbangan. btw, beberapa buku sga ada di antara tumpukan buku saya dan dia adalh slh satu penulis favorit sy. salm kenal

  8. mas seno & mas publisher mohon pencerahan di sekuel berikutnya. salam

  9. kapan nih nagabumi 2 terbit???

  10. Wah, nagabumi luar biasa, plot meliuk2-detil halus-background mampu melayangkan imajinasi ke nusantara abad 9 tak semata2 menjadi dongeng tanpa cela..saluut buat SGA

  11. mau beli online bisa ga ya?
    ada yg bisa bantu?

  12. Mana nih Nagabumi 2 nya??yg pertama sdh beli nih..aku tunggu serinya ya..thanks Mas Seno..cersilnya mantap..beda dgn KPH ataupun chin yung..

  13. ceritanya syuper mas! kenal mba Silasvira Dian Arisanti ga mas?
    saya sampai menjelaskan kepada nalar saya ttg ilmu2 yg tersebut dalam novel Anda keranah ilmiah, dan sebenarnya ada missing links ilmu pengetahuan yg menghalangi kita dengan pengetahuan jaman dulu. saya hanya tidak mau menyempitkan pandangan saya tentang ilmu yg tidak kita ketahui. hehe sipp keren mas!

    bahkan karena saking penasarannya saya juga berandai2 bgmn kalo si Pandyakira Tan Pangaran bertemu seorang pendekar juga yg ilmu silatnya mengacu kpd kitab2 agama (islam, kristen) sesuai perkembangan budaya di nusantara pada masa2 tersebut. pasti keren. dan sekali lagi hanya untuk mengobati rasa penasaran saya, saya juga berandai2 “melanjutkan tanpa izin” novel Bapak didalam pikiran saya, bagaimana kalo (karena menguasai ilmu olah jiwa dan raga) si Pandyakira Tan Pangaran (someamazinghow) terjebak dalam dunia yg sekarang. hahaha…pasti syuperrr abis…!! seperti cerita avatar the legend of Aang yg skip 100 tahun.wyuuuhh…memikirkan bagaimana sang Pandyakira Tan Pangaran bertemu rupa dgn budaya kontemporer yg dia pahami dgn kemampuan terbatasnya, bertemu “jurus2″ maut “jurus satu jurus” pak polisi (pistol), yg jurus “naga berlari” nya dilampaui pesawat…waw…it’s so amazing pak!

    dan maaf sekali lagi pak, saya (betul-betul) mengandaikan bila novel Anda di konversi dalam dunia film layar lebar!!! spechless deh…

    semoga ungkapan perasaan saya sampai ditelinga Anda ya pak. saya tidak perlu menngunakan jurus “pemecah sukma” kan? hahaha

    sukses!

  14. ini buku karya mas seno yang pertama kali saya baca,yang mengawali ketertarrikan saya terhadap karya karya mas yang lainnya.buku nya gak cma bgus tpi bnar bnar the best,berkesan agak rumit dngan pemahaman” cara berpikir jaman krjaan dlu,dngan brbgai istlah,maslah dan pasal pasal peraturan yang kompleks,tapi justru menjadi daya tarik tersendiri.bkan skdar silat tpi juga filosofi,tapi kesan yang saya dapat setelah saya selesai membacannya adalah tokoh utama sang pendekar tanpa nama ini bnar bnar smpurna y hehe,dia kren kuat dan seakan akan dunia telah mbntuknya mngjrinnya untuk mnjdi sorg legenda hehehe,dia jga sllu beruntung ada ada saja ilmu yang dia dapatkan hehehe,agak mngingatkan saya dengan tokoh wiro hehehe.dngan mngkuti jlan pkirannya di stiap tndakannya pun,mnjukan cara brpikir yg luar biasa mndakan bsarnnya kpandaian yg dia mliki,tdak hnya mngnai slat tpi jga sgala bidang hehe,hanya aja klo bleh nannya,2 org pndkar yg tlah mnylamatkan cempaka,dan prgi ktka cmpaka mngtakan tentang pendekar tanpa nama,apakah pasangan pndkar ini yang tlah mnylamatkan pendekar tanpa nama dan memberinya tenaga murni???dan apakah ke 2 psngan ini adalah psngan dri clah kledung???krena ktika nama pendekar tnpa nma di sbutkan mreka mnunjkan seakan akan mreka mngnal dkat sang pndkar,ya walapun nama pndkar sdah tckup di prbincangkan dan bsa jdi mreka prnah mndgr dri org” lain tntangnnya ttp sja saya jdi kpikiran ksana hehe,tak di crtakan tntng kmtian atau kklahan mreka sjak mreka mnggalkan anak mreka,hal itulah yng mnjdikan saya brpkiran ksana hehe sekian mas maaf kpanjangan dan klo ada slah kata mhn maaf mas hehe krena ini adalah ungkapan kepuasan saya terhadap buku ini terima ini buku karya mas seno yang pertama kali saya baca,yang mengawali ketertarrikan saya terhadap karya karya mas yang lainnya.buku nya gak cma bgus tpi bnar bnar the best,berkesan agak rumit dngan pemahaman” cara berpikir jaman krjaan dlu,dngan brbgai istlah,maslah dan pasal pasal peraturan yang kompleks,tapi justru menjadi daya tarik tersendiri.bkan skdar silat tpi juga filosofi,tapi kesan yang saya dapat setelah saya selesai membacannya adalah tokoh utama sang pendekar tanpa nama ini bnar bnar smpurna y hehe,dia kren kuat dan seakan akan dunia telah mbntuknya mngjrinnya untuk mnjdi sorg legenda hehehe,dia jga sllu beruntung ada ada saja ilmu yang dia dapatkan hehehe,agak mngingatkan saya dengan tokoh wiro hehehe.dngan mngkuti jlan pkirannya di stiap tndakannya pun,mnjukan cara brpikir yg luar biasa mndakan bsarnnya kpandaian yg dia mliki,tdak hnya mngnai slat tpi jga sgala bidang hehe,hanya aja klo bleh nannya,2 org pndkar yg tlah mnylamatkan cempaka,dan prgi ktka cmpaka mngtakan tentang pendekar tanpa nama,apakah pasangan pndkar ini yang tlah mnylamatkan pendekar tanpa nama dan memberinya tenaga murni???dan apakah ke 2 psngan ini adalah psngan dri clah kledung???krena ktika nama pendekar tnpa nma di sbutkan mreka mnunjkan seakan akan mreka mngnal dkat sang pndkar,ya walapun nama pndkar sdah tckup di prbincangkan dan bsa jdi mreka prnah mndgr dri org” lain tntangnnya ttp sja saya jdi kpikiran ksana hehe,tak di crtakan tntng kmtian atau kklahan mreka sjak mreka mnggalkan anak mreka,hal itulah yng mnjdikan saya brpkiran ksana hehe sekian mas maaf kpanjangan dan klo ada slah kata mhn maaf mas hehe krena ini adalah ungkapan kepuasan saya terhadap buku ini terima ini buku karya mas seno yang pertama kali saya baca,yang mengawali ketertarrikan saya terhadap karya karya mas yang lainnya.buku nya gak cma bgus tpi bnar bnar the best,berkesan agak rumit dngan pemahaman” cara berpikir jaman krjaan dlu,dngan brbgai istlah,maslah dan pasal pasal peraturan yang kompleks,tapi justru menjadi daya tarik tersendiri.bkan skdar silat tpi juga filosofi,tapi kesan yang saya dapat setelah saya selesai membacannya adalah tokoh utama sang pendekar tanpa nama ini bnar bnar smpurna y hehe,dia kren kuat dan seakan akan dunia telah mbntuknya mngjrinnya untuk mnjdi sorg legenda hehehe,dia jga sllu beruntung ada ada saja ilmu yang dia dapatkan hehehe,agak mngingatkan saya dengan tokoh wiro hehehe.dngan mngkuti jlan pkirannya di stiap tndakannya pun,mnjukan cara brpikir yg luar biasa mndakan bsarnnya kpandaian yg dia mliki,tdak hnya mngnai slat tpi jga sgala bidang hehe,hanya aja klo bleh nannya,2 org pndkar yg tlah mnylamatkan cempaka,dan prgi ktka cmpaka mngtakan tentang pendekar tanpa nama,apakah pasangan pndkar ini yang tlah mnylamatkan pendekar tanpa nama dan memberinya tenaga murni???dan apakah ke 2 psngan ini adalah psngan dri clah kledung???krena ktika nama pendekar tnpa nma di sbutkan mreka mnunjkan seakan akan mreka mngnal dkat sang pndkar,ya walapun nama pndkar sdah tckup di prbincangkan dan bsa jdi mreka prnah mndgr dri org” lain tntangnnya ttp sja saya jdi kpikiran ksana hehe,tak di crtakan tntng kmtian atau kklahan mreka sjak mreka mnggalkan anak mreka,hal itulah yng mnjdikan saya brpkiran ksana hehe sekian mas maaf kpanjangan dan klo ada slah kata mhn maaf mas hehe krena ini adalah ungkapan kepuasan saya terhadap buku ini terima ini buku karya mas seno yang pertama kali saya baca,yang mengawali ketertarrikan saya terhadap karya karya mas yang lainnya.buku nya gak cma bgus tpi bnar bnar the best,berkesan agak rumit dngan pemahaman” cara berpikir jaman krjaan dlu,dngan brbgai istlah,maslah dan pasal pasal peraturan yang kompleks,tapi justru menjadi daya tarik tersendiri.bkan skdar silat tpi juga filosofi,tapi kesan yang saya dapat setelah saya selesai membacannya adalah tokoh utama sang pendekar tanpa nama ini bnar bnar smpurna y hehe,dia kren kuat dan seakan akan dunia telah mbntuknya mngjrinnya untuk mnjdi sorg legenda hehehe,dia jga sllu beruntung ada ada saja ilmu yang dia dapatkan hehehe,agak mngingatkan saya dengan tokoh wiro hehehe.dngan mngkuti jlan pkirannya di stiap tndakannya pun,mnjukan cara brpikir yg luar biasa mndakan bsarnnya kpandaian yg dia mliki,tdak hnya mngnai slat tpi jga sgala bidang hehe,hanya aja klo bleh nannya,2 org pndkar yg tlah mnylamatkan cempaka,dan prgi ktka cmpaka mngtakan tentang pendekar tanpa nama,apakah pasangan pndkar ini yang tlah mnylamatkan pendekar tanpa nama dan memberinya tenaga murni???dan apakah ke 2 psngan ini adalah psngan dri clah kledung???krena ktika nama pendekar tnpa nma di sbutkan mreka mnunjkan seakan akan mreka mngnal dkat sang pndkar,ya walapun nama pndkar sdah tckup di prbincangkan dan bsa jdi mreka prnah mndgr dri org” lain tntangnnya ttp sja saya jdi kpikiran ksana hehe,tak di crtakan tntng kmtian atau kklahan mreka sjak mreka mnggalkan anak mreka,hal itulah yng mnjdikan saya brpkiran ksana hehe sekian mas maaf kpanjangan dan klo ada slah kata mhn maaf mas hehe krena ini adalah ungkapan kepuasan saya terhadap buku ini terima kasih :D

  15. wih keren sinopsisnya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 359 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: