Linguae

Linguae

                                                                  

       

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama Maret 2007

Daftar Isi:     

1. “Cermin Maneka”, Kompas 8 Oktober 2000
2. “Cintaku Jauh Di Komodo”, Kompas 17 Agustus 2003
3. “Rembulan dalam Cappuccino”, Kompas 30 November 2003
4. “Tong Setan”, Koran Tempo 8 Februari 2004
5. “Badak Kencana”, Koran Tempo 30 Mei 2004
6. “Senja di Pulau Tanpa Nama”, Koran Tempo 7 Maret 2005
7. “Linguae”, dalam M. Firman Ichsan dkk, Yang tercinta / The Loved Ones (Jakarta: Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Budaya Visual Oktagon 2005), sebagai penafsiran foto karya Oscar Motuloh
8. “Joko Swiwi”, Koran Tempo 18 Juni 2006
9. “SimSalabim”, Koran tempo 27 Agustus 2006
10. “Sebatang Pohon di tengah Padang”, Koran Tempo 12 November 2006
11. “Gerobak”, Kompas 15 Oktober 2006
12. “Perahu Nelayan Melintas Cakrawala”, belum pernah di Publikasikan
13. “Kopi, dan Lain-Lain”, majalah Civitas, edisi 1/2007
14.  “Senja di Kaca Spion”, Harian suara Pembaruan Maret 2007
                        
                

Resensi :

 

 Linguae artinya lidah. Cerpen “Linguae” dalam kumcer berjudul sama karya Seno Gumira Ajidarma ini bercerita tentang makna lidah bagi manusia. Bagaimana nasib para pecinta jika organ tubuh yang satu ini hilang? Begitu banyak peran lidah yang tak dapat digantikan oleh organ lain seperti dengkul, misalnya. Cerpen ini berkisah, dalam sebuah percintaan, lidah memang menyatakan segalanya dengan lebih nyata daripada kata-kata dalam tatabahasa sempurna mana pun di dunia.Tiga belas cerpen lainnya mengungkapkan beraneka kisah. “Cintaku Jauh di Komodo” bercerita tentang cinta yang tak pernah hilang di antara dua manusia yang terus bereinkarnasi sepanjang masa. Bahkan, sampai salah satu dari mereka berubah wujud menjadi komodo! “Rembulan dalam Cappucino” mengisahkan seorang perempuan yang baru cerai dengan suaminya memesan capucinno dengan rembulan terapung di dalam cangkirnya. Silakan menerjemahkan dengan bebas metafora rembulan yang diungkap SGA dalam cerpen ini. Sementara, cerpen “Joko Swiwi” adalah cerpen yang sangat imanjinatif dalam buku ini. Dikisahkan, seorang anak lahir dengan sayap di tubuhnya. Ia menjadi pahlawan di kampungnya, namun pada akhirnya mesti terusir dari sana karena suatu pengkhianatan.Cerpen-cerpen lainnya ditulis dengan gaya bercerita SGA yang khas, unik, dan penuh imajinasi yang tak terduga.

Iklan

25 thoughts on “Linguae”

  1. Gw udah punya nih. Cerpen-cerpennya lumayan bagus. Seno memang punya kemampuan ” menyulap” peristiwa yang biasa menjadi luar biasa. Salut buat Seno.

  2. kekuatan SGA, adalah ketika pembaca di sergap “bawah sadarnya” oleh fakta-fakta yang dilelapkan dalam imajinasi. Takzim untuknya

  3. hmm…….karya mas seno yang satu ini unik dan lebih romantis dibandingkan dengan yang lain, lebih menunjukkan sisi feminin…….

    mo nanya, kenapa ya nama-nama di novel dan buku-bukunya mas seno selalu sama?!ada keterkaitan antara satu buku atau tidak ya?

  4. a must read!!!!
    love ur book mas sukab gumira ajidarma.
    kaya imajinasi, memang dunia imajinasi lebih luas dari dunia nyata, jadi inget james barry yg dikisahkan dlm film finding neverland tentang kisah peter pan ditulis.mas sukab kayak J.barry…bebaskanlah para tahanan imajinasi itu keluar dan bebaskan dalam bentuk karya tulis.

  5. Waahhh… sebernarnya dari bertahun2 lalu saya udah nunggu2 nich kapan cerpen “Cintaku Jauh di Komodo” dan “Rembulan dalam Cappucino” akan dimasukkan ke dalam buku-nya Pak Seno… Kedua cerpen itu dulu sudah saya baca di Harian Kompas, bagoooeeesszzz…. Sayang banget kalo ngga dikoleksi!!!

  6. setelah acara mengubek2 gramedia padang, akhirnya dapet juga nih buku, tinggal satu pula, tanpa liat harga..langsung ke kasir 🙂
    rembulan dalam cappucino bagus…. tapi kok aku kurang suka endingnya … pengennya yang lebih greget gitu, tapi salut buat catatan kakinya buat arti cappucino yang diambil dari bungkus gula equal..pak sukab… .. TOP

  7. kalo udah gajian, sy mo beli buku Linguae ah…
    sebenernya beberapa bln yg lalu udh liat di gramed, tp kok blm tergerak utk beli, stlh liat komen di sini, jd napsu pengen beli ^_^

  8. kalo udah gajian, sy mo beli buku Linguae ah…
    sebenernya beberapa bln yg lalu udh liat di gramed, tp blm tergerak utk beli. stlh liat komen di sini, jd napsu pengen beli ^_^

  9. Seno Gumira, makin tua makin merajalela..dan si ‘Alina’ yang nongol dimana-mana itu terpilih jadi nama keponakanku.. so, setiap memanggilnya teror seno terlintas…great!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s