Telah Terbit: Trilogi Insiden

Trilogi Insiden

“Seberapa jauh pembantaian orang-orang tidak bersenjata boleh didiamkan, demi kepentingan apa pun dari sebuah lembaga mana pun? Saya ingin mendengar sebuah jawaban.”

Setidaknya ada tiga buku Seno Gumira Ajidarma yang merupakan Trilogi Insiden–ketiganya mengandung fakta seputar Insiden Dili, yang ditabukan media massa semasa Orde Baru.

itulah Saksi Mata(kumpulan cerpen), Jazz, Parfum dan Insiden(Novel) dan ketika Jurnalisme di Bungkam Sastra Harus Bicara(kumpulan Esai) yang diterbitkan ketika orde baru masih berkuasa. ketiganya telah menjadi dokumen, tentang bagaimana sastra tak bisa menghindar untuk terlibat, secara praktis dan konkret, dalam persoalan politik–apabila politik kekuasaan itu menjadi semakin tidak manusiawi.

Di masa reformasi, kewaspadan atas perilaku kekuasaan tidak bisa dilepaskan. Ketiga buku ini diterbitkan kembali dalan satu judul, sebagi Trilogi Insiden, memeniuhi kebutuhan untuk saling mengingatkan.

Iklan

23 thoughts on “Telah Terbit: Trilogi Insiden”

  1. menarik…apakah sejarah seperti sekumpulan awan padat berisi namun ketika disentuh ia adalah titik-titik rapuh yang menjelma menjadi hujan ?

  2. Buku mas Sukab ini sudah ada di tangan saya sejak Senin malam kemarin (24/05). 60 rb saja di Togamas Balubur. Dan di jalan pulang, saya benar-benar mendapat Insiden Jalan Lubang di Tamansari,Bandung. Badan saya sebelah kanan robek. Hati-hati kalau ke Bandung sekarang! Banyak jalan lubang!

  3. Akhirnya bisa juga baca Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara setelah sekian lama mencari-cari. Dua buku sebelumnya saya sudah baca, tapi tetap membeli karena rugi kalo ndak punya buku satu ini

  4. Alhamdulillah. Saya sdah baca bukunya. Dan banyak pelajaran menulis yg saya dapat. Saya ada beberap cerpen, boleh gak nanti di koreksi ataw edit2 mas?

  5. SGA memang luar biasa…sukses slalu untuk karya-karyanya, bangga indonesia punya seorang sastrawan seperti anda!! minta info buku SGA (tempat2 nya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s