SGA @HumorMasaKini di Grand Indonesia, 11 Maret 2016

20160304012831Kalau ada yang bilang bangsa Indonesia ahlinya dagelan, sebaiknya tahan diri dulu. Jangan langsung tersenyum bangga atau malah berbunga-bunga. Banyak tradisi di bangsa ini yang memang menyimpan tenaga humor. Ludruk, ketoprak, wayang, lenong, dan sederet pagelaran yang tak miskin tawa lainnya melimpah-limpah di sini. Belum lagi komedian yang berdiri maupun yang duduk silih-berganti malang-melintang di layar gambar idoep.

Tapi barangkali justru di situ akar persoalannya. Humor kerap dianggap hanya sekadar bumbu pelengkap dari arus-arus kebudayaan lain seperti musik, film, atau sastra. Lantas kita pun menjadi terbiasa menelan ungkapan-ungkapan seperti “ada humor dalam sastra”, “ada humor dalam pers”, atau “ada humor dalam drama”. Kita tidak terbiasa dengan ungkapan “ada aspek sastra dalam humor”, “ada aspek komunikasi massa dalam humor”, atau “ada aspek teater dalam humor”.

Kegelisahan semacam inilah yang kemudian mendorong tiga orang komisioner “sableng” untuk meluncurkan Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3). Mereka, yakni Darminto M. Sudarmo, Seno Gumira Ajidarma, dan Danny Septriadi sama-sama memandang bahwa jika dilakukan pengkajian sangat serius, humor bisa jadi akan bermanfaat positif bagi masyarakat Indonesia. Situs http://www.ihik3.com–dibaca ihik-ihik-ihik-dot-com—merupakan tempat untuk menampung hasil seluruh kerja mereka dalam menyeriusi humor. Tak hanya itu, IHIK3 juga menyediakan dana penelitian bagi proposal yang bermutu dan lolos seleksi.

Tanpa humor daya tahan manusia dalam menghadapi persoalan keseharian akan mengalami ujian berat beberapa kali lipat. Lebih jauh, diperlukan kesadaran bahwa humor sungguh berguna dalam kehidupan sosial politik bangsa, tanpa melupakan bahwa ada kalanya humor menyulut api bahaya. Itu sebabnya sebuah Diskusi Budaya Humor perlu digelar.

Pada Jumat, 11 Maret 2016, pukul 15.00-17.30, IHIK3 akan menggelar diskusi bertajuk “Humor Masa Kini”, di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta. Seminar akan diisi oleh Jaya Suprana, Arswendo Atmowiloto, dan Miing Bagito, serta dimoderatori oleh Seno Gumira Ajidarma. Seminar ini terbuka untuk umum, gratis dan berhadiah buku selama stok tersedia.

Pendaftaran dilakukan melalui:
http: http://www.indonesiakaya.com atau email ke ihik3@yahoo.com

@credit : reblogged from Galeri Indonesia Kaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s